URL : http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/monkey-ani.gif

Friday, February 15, 2013

Pengaruh Bimbel Terhadap Prestasi Siswa


Makalah
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DI SEKOLAH

Aktivitas belajar bagi setiap individu, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar. Kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak, kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari dan terkadang juga teramat sulit. Dalam hal semangat terkadang semangat tinggi, tetapi juga terkadang sulit untuk mengadakan konsentrasi. Kegiatan bimbingan di sekolah merupakan bagian integral dari keseluruhan program kegiatan sekolah, terutama pada bimbingan belajar sehingga dapat diartikan bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh sekolah merupakan tujuan yang ingin dicapai bimbingan. Yang membedakan diantara keduanya ialah jenis kegiatannya, pendidikan terletak pada proses belajar mengajar yang penekanannya pada usaha-usaha kognitif,afektif dan psikomorik, sedangkan bimbingan terletak pada membina siswa dalam perkembangan pribadi, sosial psikologi, yang didasarkan pada kenyataan yang dihadapi siswa sehingga memerlukan bantuan tenaga profesional kependidikan dalam hal ini adalah guru pembimbing. Alasan yang lain adalah siswa sebagai subjek didik merupakan pribadi yang unik dengan segala karakteristiknya. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan kemampuan anak dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Sehingga muncul wacana mengenai bimbingan belajar. 
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa individu baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri, dengan memanfaatkan kekuatan individu serta pengembangan dari sarana-sarana yang ada. Secara keseluruhan bimbingan belajar memiliki beberapa tujuan utama yaitu:
a.       Siswa dapat memahami tentang dirinya sendiri, khususnya pada kemampuan belajarnya.
b.      Siswa dapat memperbaiki cara belajarnya ke arah yang lebih efektif dan efisien.
c.        Siswa dapat mengatasi berbagai macam kesulitan belajarnya.
d.      Siswa dapat mengembangkan sikap, kebiasaan, dan tingkah laku yang lebih baik, khususnya yang berkaitan tentang belajarnya. dapat trampil dalam melaksanakan kegiatan belajar dan dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.
e.       Mengembangkan segala potensi dan kekuatan yang dimilikinya secara optimal.


Dengan bimbingan belajar ini diharapakan dapat membantu dan mempermudah peserta didik dalam belajar. Adapun manfaat dan keunggulan dari program bimbel :
a.         Membantu guru dalam mendidik dan mengajari siswa.
b.        Memudahkan peserta didik atau siswa dalam  belajar (memecahakan PR sekolah, mendapat kisi-kisi yang akan di UAS kan, dll) dan meningkatkan prestasi belajar.
c.         Menambah pengetahuan baru yang belum dimilki oleh anak tersebut,
d.        Menambah teman baru, seperti kita mengikuti bimbel di lembaga. primagama, atau gajah mada, maupun dirumah.
e.         Mengembangkan atau menambah metode belajar yang baru untuk siswa.
Selain keunggulan ada juga kelemahan atau kekurangan yang memungkinkan dari program bimbel, yaitu :
a.         Peserta didik yang mengikuti program bimbingan belajar biasanya tidak langsung pulang kerumah tetapi mampir bermain kerumah teman tanpa pamit.
      Sebaiknya, setiap orang tua dapat mengantar anaknya untuk berangkat ke tempat bimbingan belajar, apabila orang tua tidak memiliki waktu maka orangtua dapat menyuruh anaknya pulang tepat waktu dan apabila melanggar akan mendapatkan sangsi dari yang disepakati antara orangtua dan anak.
b.        Orang tua menambahkan saku untuk anaknya,  kebanyakan anak bimbingan belajar meminta uang jajan untuk transport atau alasan lainnya sehingga anak menjadi boros dan manja.
      Agar ini tidak terjadi, sebaiknya setiap orang tua dapat mengatur uang saku anaknya dengan cara diberikan setiap perbulan sehingga anak dapat mengatur uang sakunya sendiri dan dapat memenejemen uangnya sendiri.
c.         Jika anak sudah terlalu lelah maka apa yang diajarakan di tempat bimbingan belajar tidak dapat dicerna dengan baik di dalam pikiran sehingga akan membuang-buang uang dan waktu.
       Untuk peserta didik dapat membuat agenda atau jadwal dalam satu minggu sehingga dapat menjaga setamina tubuh untuk belajar di les maupun di rumah.
d.        Peserta didik akan tergantung kepada tempat les, sehingga dia tidak akan mampu untuk belajar sendiri.
       Solusinya untuk peserta didik yang tidak ada jadwal bimbingan belajar diharapkan anak memiliki kesadaran untuk belajar sendiri di rumah sehingga dapat belajar mandiri dan setiap ada pekerjaan rumah dikerjakan sendiri.
e.         Peserta didik akan menerima konsep belajar yang salah, apalagi jika guru les hanya berorientasi untuk mencari tambahan penghasilan, bukan memprioritaskan kemajuan pendidikan anak di sekolah.
       Peserta didik sebaiknya memilih bimbingan belajar yang telah terbukti pengajarnya bagus.
      
*sekian teman-teman.. semoga bermanfaat :) ini nih foto2 pas kita ngerjain nih tugas, tapi enggak ada fotoku 

Nurul - Rizky


 Nova - Mira - Nurul

Novita - Bayu



*sebelas ipa telu JESABA

3 comments:

Marsoetri said...

postingan bergizi... :D
keep posting ya gan

Unknown said...

haha iya kakak :)

indah cullen said...

bisa minta referensinya gak..?? tolong balas ke email saya ya admin.. indahbyduri@gmail.com.. mohon bntuannya.. :)

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment